TUGAS MODUL -11 GRAPHICAL USER INTERFACE Nama : Akhmad Muqoddim Fahmi Ilmi Kelas : A NIM : 4123041 TUGAS : 1. GUI, atau antarmuka grafis pengguna, adalah cara untuk berinteraksi dengan perangkat lunak melalui elemen visual seperti tombol, kotak teks, dan jendela. AWT (Abstract Window Toolkit) dan Swing adalah dua kerangka kerja GUI dalam Java. AWT menggunakan komponen GUI sistem operasi yang mendasarinya, sementara Swing adalah kelanjutan dari AWT dengan komponen yang lebih ringan dan fleksibel. 2. Layout manager adalah mekanisme dalam Java untuk mengatur tata letak komponen GUI di dalam suatu container. Beberapa macam layout manager di Java antara lain: - **FlowLayout**: Menata komponen berdasarkan urutan penambahan. - **BorderLayout**: Menyusun komponen di utara, selatan, barat, timur, dan pusat container. - **GridLayout**: Menyusun komponen dalam bentuk grid. - **GridBagLayout**: Layout yang fleksibel dengan kemamp...
TUGAS MODUL 6-PERULANGAN-1 Nama : Akhmad Muqoddim Fahmi Ilmi NIM : 4123041 Kelas : A Soal : 1. Bagaimana cara membaca perintah loop berikut ? a. for (int i = 3; i >= 0; i-) b. for (int x = 1; x <= 20; x++) c. for (int z = 50; z >= 20; z-) d. for (int angka = 30; angka < 50; angka++ 2. Buatlah program perulangan untuk menampilkan bilangan genap, antara bilangan 10 sampai 30 3. Buatlah program perulangan yang bisa menjumlahkan bilangan ganjil antara angka 3 sampai dengan 50 4. Buatlah program untuk menampilkan output piramida turun berikut 5. Buatlah program untuk menampilkan output berikut JAWAB : 1. Cara membaca perulangan : a. untuk variabel int i = 3, jika nilai i lebih besar dari sama dengan O maka nilai i akan dikurangi satu angka terus menerus hingga nilai i = 0 b. b. untuk variabel int x = 1, jika nilai x kurang dari sama dengan 20 maka nilai x akan ditambah satu angka terus menerus hingga nilai x = 20 c. untuk variabe...
Tugas Modul 5 - Percabangan Nama : Akhmad Muqoddim Fahmi Ilmi Kelas : A Nim : 4123041 1. Buatlah program percabangan java dengan ketentuan, Siswa akan lulus jika nilai ujiannya lebih besar dari 70. Kalau tidak, maka dia gagal. 2. Buatlah program percabangan untuk menentukan suatu bilangan adalah ganjil atau genap. 3. Buatlah program sederhana untuk memilih menu makanan dengan ketentuan sebagai berikut : a. Jika input bernilai 1, maka output “memilih bakso”. b. Jika input bernilai 2, maka output “memilih mie ayam”. c. Jika input bernilai 3, maka output “memilih ikan tongkol”. d. Dan jika selain dari input 1,2,3 maka output “Menu kosong” 4. Tentukan harga dari pembelian barang yang dibeli seseorang pembeli, dengan kriteria : a. Tidak ada potongan jika total pembelian kurang dari Rp. 100.000,- b. Jika total pembelian lebih dari Rp. 100.000,- akan mendapat potongan harga sebesar 20% dari total pembelian. 5. Buatlah sebuah program percabangan ...
Komentar
Posting Komentar